Cara Membuat Drive USB Bootable Windows 10 UEFI dari ISO

Sebagian besar pengguna menerima Windows 10 sebagai peningkatan gratis melalui Windows Update. Pengguna lain lebih suka menginstal sistem operasi baru dari drive fisik seperti flash drive USB.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara membuat flash drive USB dengan Windows 10 yang dapat diinstal pada komputer berbasis UEFI.

Jika Anda bukan orang yang benar-benar perlu menginstal Windows 10 di komputer berbasis UEFI, tetapi Anda membaca artikel ini hanya untuk pendidikan, Anda mungkin tidak akrab dengan istilah UEFI.

UEFI pada dasarnya adalah pengganti BIOS, jadi berarti ini adalah firmware baru yang memulai komputer dan memuat sistem operasi. Dan semakin banyak PC Windows baru yang hadir dengannya.

Bagaimana cara membuat media instalasi USB Windows 10 dengan UEFI?

1. Buat file instalasi media bootable USB menggunakan RUFUSRufus

  1. Unduh dan buka Rufus.
  2. Pilih flash drive USB tempat Anda ingin membuat image bootable.
  3. Pilih skema partisi GPT untuk UEFI (biarkan ukuran cluster ke default). Pastikan Anda memilih opsi Create a bootable disk using ISO Image dipilih dari menu dropdown.
  4. Tambahkan file ISO Windows (Anda dapat mendownload file ISO Windows 10 dari Microsoft secara gratis), dan klik Start.
  5. Tunggu hingga proses selesai dan sekarang Anda memiliki USB flash drive yang sepenuhnya sah dengan instalasi Windows 10 yang mendukung komputer berbasis UEFI.
  6. Sekarang restart komputer dan instal sistem secara normal.

Untuk tindakan ini, Anda harus mengunduh Rufus USB image writer, kami tahu Anda mungkin tidak menyukai kenyataan bahwa Anda harus menggunakan perangkat lunak pihak ketiga, tetapi yang ini sangat bagus, dan ini cara tercepat.

Rufus USB adalah utilitas mandiri, jadi Anda tidak perlu menginstalnya, cukup unduh dan buka.

2. Gunakan Alat Pembuatan Media dari Microsoft

Setup Media Creation Tool
  1. Pastikan Anda memiliki koneksi Internet aktif.
  2. Pilih Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC  dan klik Next.Create installation media for another PC
  3. Pilih bahasa, arsitektur, dan edisi Windows 10. Penting untuk memilih arsitektur yang benar, 64-bit atau 32-bit atau Anda dapat memilih keduanya.
  4. Pilih opsi USB flash drive.
  5. Pilih drive yang dapat dilepas yang ingin Anda gunakan dari daftar.
  6. Tunggu hingga unduhan selesai.

Selain Rufus, alat yang paling direkomendasikan untuk membuat sistem Windows 10 bootable USB adalah Media Creation Tool. Sebelum Anda mulai, silakan unduh file pembaruan dari situs Microsoft.

Setelah file instalasi Windows 10 diunduh, komputer Anda akan membuat bootable USB yang kompatibel dengan perangkat yang menggunakan UEFI atau BIOS.

Kami yakin bahwa solusi kami ini dapat membantu Anda membuat drive USB bootable Windows 10 UEFI

Jika Anda memiliki masalah atau pertanyaan lain, silahkan tinggalkan komentar dibawah.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.