Cara Membuat File zip di Windows 10 [Panduan Lengkap]

Zipping file di Windows 10 adalah tugas yang sangat mudah yang dapat dilakukan dalam waktu singkat.

Anda dapat melakukannya dengan menggunakan perangkat asli OS atau dengan bantuan software pihak ketiga.

Zipping dan pengarsipan file adalah cara terbaik untuk menghemat ruang disk dan memfasilitasi proses transfer file, terutama saat Anda berurusan dengan layanan yang tidak mengizinkan transfer folder.

Di situlah zip bisa berguna, karena pada dasarnya mengubah folder menjadi file tunggal, dan juga mengurangi ukurannya untuk membuat transfer lebih cepat dan lebih mudah.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara membuat file zip dengan Windows 10, itu bisa bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Satu-satunya pertanyaan adalah seberapa canggih kompresi file yang sedang kita bicarakan, karena kompresi File Explorer bawaan bukanlah sesuatu yang Anda sebut kaya fitur.

Di situlah alat pihak ketiga dapat kita manfaatkan, tetapi Anda juga dapat menggunakan beberapa fitur asli OS untuk melakukan tugas tersebut.

Jadi, jika Anda ingin tahu cara membuat file zip di Windows 10, kami akan menunjukkan caranya. Dan, sebagai bonus, kami menawarkan pendekatan yang lebih kompleks bagi Anda yang ingin meningkatkan fungsi kompresi pada file.

Bagaimana cara membuat file zip di Windows 10?

1. Gunakan alat pengarsipan pihak ketiga

Menggunakan aplikasi zip alternatif seperti WinZip adalah pendekatan yang efektif karena alat pihak ketiga jelas membawa lebih banyak fitur jika dibandingkan dengan utilitas sistem.

Ini bukan hanya tentang popularitas alat ini, tetapi ini benar-benar lebih dari sekadar alat kompresi sederhana. Ini juga memungkinkan pengguna untuk berbagi, mengelola, melindungi, dan membuat  cadangan file.

WinZip adalah pengelola file all-in-one yang memungkinkan Anda untuk mengompres dan mendekompresi untuk menghemat ruang pada hard drive, mengenkripsi dan melindungi kata sandi file dan folder zip, mengelola dan mengatur file dan sebagainya.

Kompatibel dengan semua format file utama, alat ini memungkinkan Anda menyediakan paket manajemen file lengkap untuk menangani file dengan mudah, membagikannya, mencadangkan, dan melindunginya sesuai keinginan.

Berikut panduan cepat untuk membuat zip folder dengan WinZip:

  1. Buka aplikasi WinZip
  2. Pilih folder yang ingin Anda kompres dengan panel alat
  3. Klik pilihan Add to Zip
  4. Simpan file zip pada lokasi yang diinginkan

Sekarang, mari kita lihat fitur utamanya :

  • Kompatibel dengan semua format utama termasuk Zip, Zipx, RAR, 7Z, GZ, ISO, TAR, IMG, dan lainnya
  • Enkripsi dan file ZIP yang dilindungi kata sandi
  • File Manager dan File Splitter terintegrasi
  • Opsi pencadangan dan berbagi data
  • Alat kompresi yang powerful
  • Ekstrak banyak file sekaligus
  • Perbaiki file ZIP
  • Alat pengarsipan

2. Gunakan Alat Bawaan Windows

  1. Arahkan ke lokasi penyimpanan file yang ingin Anda kompres.
  2. Sambil menekan dan menahan CTRL pada keyboard, klik pada file individual.
  3. Setelah Anda memilih file apa yang akan dimasukkan ke folder kompresi, klik kanan pada salah satu file dan pilih Send to > Compressed (zipped) folder dari menu kontekstual.File Zip Dengan Windows 10
  4. Jika Anda ingin mengekstrak folder zip yang baru dibuat, cukup klik dua kali untuk membukanya.
  5. Setelah terbuka, klik Extract all dan pilih tujuan ekstrak. Sangat Mudah.

3. Zip file menggunakan baris perintah

Tidak seperti solusi sebelumnya di mana Anda tidak memerlukan bantuan pihak ketiga, Windows 10 tidak dilengkapi dengan baris perintah program zip.

Namun, ini masih dapat dilakukan jika Anda menggunakan pengarsip pihak ketiga yang mendukung baris perintah yang dapat dieksekusi, seperti 7-Zip.

Program ini open-source, dan meskipun tidak memiliki fitur sebanyak yang kami sebutkan sebelumnya, program ini masih dapat kita gunakan dan menjadi salah satu rekomendasi.

Ini mendukung banyak format file arsip yang berbeda, dan bahkan memiliki format file miliknya sendiri juga yang memberi Anda rasio kompresi yang superior jika dibandingkan dengan file zip tradisional:

Inilah cara Anda dapat menggunakan baris perintah 7-Zip untuk membuat file zip:

  1. Unduh dan instal 7-ZIp
  2. Tambahkan PATH ke 7z.exe ke variabel lingkungan
  3. Dalam 7-Zip, buka jendela command prompt baru dan gunakan perintah berikut:
7z a -tzip {yourfile.zip} {yourfolder}

Dengan mengikuti 3 solusi yang kami bahas ini, Anda seharusnya dapat melakukan zip dan unzip file di Windows 10 dalam waktu singkat.

Cobalah semua metode, dan beri tahu kami mana yang menurut Anda paling efektif dengan meninggalkan umpan balik di bagian komentar di bawah.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.