Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD di Perangkat Android

Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Tidakkah Anda benci saat mencoba memasang aplikasi baru di perangkat Android dan peringatan Not Enough Space muncul? Itu akan sangat membuat kesal karena Anda harus menghapus beberapa file yang menurut Anda penting untuk dapat mengosongkan penyimpanan.

Jika ponsel Anda memiliki slot kartu memori, maka solusinya mudah. Kartu microSD adalah cara murah untuk menambah penyimpanan ponsel. Anda dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD untuk mengosongkan ruang, daripada menghapus aplikasi di perangkat Android.

Bagaimana melakukan ini tergantung pada versi Android yang Anda gunakan. Kami akan menggunakan semua cara untuk memindahkan aplikasi Android ke kartu SD dalam panduan ini.

Menggunakan Kartu SD Di Android: Dasar-Dasar

Sebelum Anda memulai, pertimbangkan beberapa poin.

Kartu memori lebih lambat daripada penyimpanan internal, jadi Anda mungkin melihat kinerja yang sedikit lebih buruk. Saat memilih kartu, pilih yang tercepat dan terbesar yang dapat didukung ponsel, periksa spesifikasi ponsel untuk melihat kartu apa yang kompatibel dengannya. (Pastikan Anda tahu cara mengenali kartu microSD palsu untuk menghindari penipuan.)

Tidak mungkin memindahkan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya tanpa rooting, dan bahkan beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin tidak mendukungnya. Selain itu, pada versi Android yang lebih lama, Anda mungkin tidak dapat menggunakan widget yang terkait dengan aplikasi yang telah Anda pindahkan ke kartu memori.

Dengan semua pertimbangan ini, mari kita lihat cara memindahkan aplikasi ke kartu SD.

Gunakan Kartu SD Sebagai Penyimpanan Internal

Android Marshmallow memperkenalkan perubahan pada cara ponsel Android dapat menangani kartu memori, dan perubahan ini berlanjut ke versi Android yang lebih baru.

Sekarang Anda dapat mengatur kartu microSD agar berfungsi sebagai penyimpanan internal. Alih-alih memiliki penyimpanan internal dan eksternal yang ada sebagai ruang terpisah, Android memandang kartu tersebut sebagai perpanjangan dari ruang bawaan.

Data dan aplikasi dapat menulis sesuai kebutuhan, dan semuanya terjadi dengan gampang. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang di mana aplikasi disimpan.

Anda harus mengatur ini terlebih dahulu. Kartu Anda akan dihapus dalam proses, jadi pastikan Anda telah mencadangkan semua data yang Anda butuhkan:

  1. Masukkan kartu ke ponsel. Saat pemberitahuan Kartu SD Baru muncul, ketuk Set Up.
  2. Selanjutnya, Anda harus memilih bagaimana ponsel harus menggunakan kartu tersebut. Pilih Phone Storage di Android 9, atau Use as Internal Storage di versi yang lebih lama. Atau, buka Settings > Storage, pilih kartu, ketuk tombol menu, dan pilih Storage Settings. Ketuk Format as internal.
  3. Pada layar berikutnya, ketuk Format SD Card, atau Erase & Format. Ini akan menghapus kartu Anda.
  4. Di Android 9 dan yang lebih baru, Anda ditawarkan kesempatan untuk memindahkan konten – termasuk aplikasi – ke kartu. Ini juga menunjukkan kepada Anda berapa banyak ruang yang akan Anda hemat. Tekan Move Content untuk menyelesaikan.

Fitur ini disebut Adoptable Storage, dan ini mengharuskan untuk menyimpan kartu di telepon secara permanen. Kartu tersebut juga dienkripsi, jadi Anda tidak dapat meletakkannya di perangkat lain untuk menyalin data.

Kelemahan besar dari penyimpanan yang dapat diadopsi ini adalah bahwa semua ponsel Android berbeda, jadi beberapa produsen memilih untuk tidak menawarkannya di perangkat mereka. Jika Anda tidak memilikinya, Anda harus memindahkan aplikasi ke kartu SD secara manual.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Di Android 9 Pie Dan Yang Lebih Tinggi

Jika ponsel tidak mendukung penyimpanan yang dapat diadopsi, Anda masih dapat mentransfer aplikasi ke kartu SD di Android 9 dan yang lebih baru secara manual. Ingatlah bahwa Anda tidak dapat melakukannya untuk setiap aplikasi, dan tidak sama sekali untuk aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya:

  1. Buka Settings > Apps & notifications > App info.
  2. Temukan aplikasi yang ingin Anda pindahkan dalam daftar dan ketuk.
  3. Pilih Storage. Jika aplikasi mendukung pemindahan ke kartuSD, Anda akan melihat tombol Change. Klik itu.
  4. Pilih SD Card di kotak dialog Change storage. Ini menampilkan layar konfirmasi. Ketuk Move untuk memulai.

Untuk memindahkan aplikasi kembali ke penyimpanan internal, ulangi langkah-langkah di atas tetapi pilih Internal shared storage di langkah terakhir. Anda harus selalu melakukan ini saat ingin mengganti atau mengeluarkan kartu memori .

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Di Android 8 Oreo

Proses untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD di Android 8 pada dasarnya sama dengan untuk Android 9:

  1. Buka Settings > Apps & notifications > App info.
  2. Gulir ke bawah untuk menemukan aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke kartu dan klik.
  3. Pilih Storage. Jika aplikasi mendukung pemindahan ke kartu, Anda akan melihat bagian bertuliskan Storage used. Tekan tombol bertanda Change.
  4. Pilih kartu tempat Anda ingin memindahkan aplikasi, diikuti dengan Move.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Di Android 7 Nougat

Anda dapat memindahkan aplikasi ke kartu memori di Android 7 Nougat melalui Settings. Namun, Anda tidak dapat memindahkan semua aplikasi. Jika itu tidak mendukungnya, Anda tidak akan melihat tombol Change di Langkah 3:

  1. Buka Settings > Apps.
  2. Temukan aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke kartu microSD dan klik.
  3. Pergi ke Storage> Change dan pilih kartu dari kotak prompt yang terbuka.
  4. Ketuk Move untuk menyelesaikan proses.

Bergantung pada ukuran aplikasinya, mungkin perlu beberapa saat untuk menyelesaikannya (terutama dalam kasus game besar), jadi jangan sentuh ponsel sampai selesai. Untuk memindahkan aplikasi kembali, ulangi langkah-langkahnya dan pilih Internal shared storage pada Langkah 3.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Di Android 6 Marshmallow

Memindahkan aplikasi ke kartu microSD di Marshmallow sama seperti di Nougat:

  1. Buka Settings > Apps, lalu klik aplikasi yang Anda pilih.
  2. Klik Storage > Change, lalu pilih kartu saat diminta.
  3. Tekan Move untuk menyelesaikan proses.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Di Android 5 Lollipop

Lollipop memiliki dukungan yang kurang kuat untuk kartu memori daripada versi Android yang lebih baru, tetapi Anda masih dapat memindahkan aplikasi dari dalam Pengaturan.

Anda dibatasi aplikasi mana yang dapat Anda tempatkan di penyimpanan eksternal; itu tergantung pada pengembang yang mendukung opsi tersebut. Selain itu, seluruh aplikasi juga tidak berpindah ke kartu — hanya sebagian.

Anda dapat melihat aplikasi mana yang Anda miliki di kartuSD dengan menggesek ke tab kanan di layar App, bertuliskan On SD Card. Ini memudahkan untuk mengidentifikasi apa saja yang mungkin ingin Anda pindah ke masa depan.

Untuk memindahkan aplikasi:

  1. Buka Settings > Apps dan ketuk aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke kartu SD.
  2. Selanjutnya, di bawah bagian Storage, klik Move to SD Card. Tombol akan berwarna abu-abu saat aplikasi memulai, jadi jangan ganggu sampai selesai.
  3. Jika tidak ada opsi Move to SD Card, aplikasi tidak dapat dipindahkan.

Setelah selesai, bagian Storage akan diperbarui untuk menunjukkan berapa banyak aplikasi yang sekarang disimpan di kartu (dan berapa banyak yang masih ada di penyimpanan internal). Tombol Move sekarang akan membaca Move to Phone atau Move to Device Storage.

Mengetuk ini memungkinkan Anda untuk menghapus aplikasi dari kartu.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Menggunakan Link2SD

Jika ponsel tidak mendukung pemindahan aplikasi ke kartu SD, atau jika Anda ingin memindahkan aplikasi yang tidak mendukungnya satu per satu, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu. Apps2SD adalah opsi yang populer, seperti FolderMount. Keduanya membutuhkan ponsel Android yang di-rooting.

Kita akan melihat pilihan lain, Link2SD, yang memiliki fitur root dan non-root. Anda dapat menggunakannya untuk memindahkan aplikasi ke kartuSD secara massal, untuk “memindahkan paksa” aplikasi yang biasanya tidak mengizinkannya, dan untuk memindahkan folder data untuk aplikasi dan game yang lebih besar ke penyimpanan eksternal.

Pertama, jalankan aplikasi dan berikan izin root jika ponsel Anda di-root. Kemudian ketuk aplikasi yang ingin Anda pindahkan dan pilih salah satu opsi:

  • Link to SD Card: Ini membutuhkan root dan memindahkan seluruh aplikasi dan datanya ke kartuSD.
  • Move to SD Card: Ini tidak memerlukan root dan hanya berfungsi jika ponsel mendukung pemindahan aplikasi ke penyimpanan eksternal. Jika memiliki root, Anda juga dapat memindahkan paksa aplikasi yang tidak mendukungnya.
  • Link to SD Card (Data and Cache): Memindahkan file data, dan membutuhkan root.

Untuk memindahkan lebih dari satu aplikasi sekaligus, ketuk tombol menu di sudut kanan atas dan pilih Multi-select. Sekarang ketuk semua aplikasi yang ingin Anda pindahkan, tekan lagi tombol menu, dan pilih Link to SD card atau Move to SD card. Ini adalah opsi yang sama seperti yang dijelaskan di atas.

Link2SD gratis, dengan upgrade berbayar. Ini berfungsi di Android 2.3 dan lebih tinggi.

Unduh: Link2SD (Gratis) | Link2SD Plus ($ 2)

Cara Terbaik Untuk Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Di Android

Cara terbaik untuk memasang aplikasi di kartu SD bergantung pada versi Android yang Anda gunakan, apakah pabrikan ponsel telah menerapkan semua fitur, dan aplikasi apa yang ingin Anda pindahkan.

Singkatnya:

  • Pada ponsel yang mendukung penyimpanan yang dapat diadopsi, itu adalah pilihan terbaik. Ini menghilangkan kebutuhan untuk mengelola kartu secara manual.
  • Untuk ponsel yang hanya mendukung pemindahan aplikasi ke kartu secara manual, metode itu adalah yang terbaik.
  • Jika ponsel Anda tidak mendukung semua ini, atau jika Anda memiliki persyaratan khusus, pertimbangkan untuk melakukan rooting dan menggunakan Link2SD.
  • Jangan mengabaikan kerugian sesekali menggunakan kartu SD di Android.

Jika aplikasi Anda menggunakan terlalu banyak ruang, solusi bagus lainnya adalah menggunakan rangkaian aplikasi Android Go. Tidak hanya lebih kecil dan memakan lebih sedikit ruang, tetapi juga berjalan lebih cepat pada ponsel yang lebih lama atau kurang kuat.

Reza Istiawan

Hanya seorang blogger pemula yang mencoba memberikan informasi yang diketahui kepada publik agar dapat menjadi pengetahuan untuk banyak orang

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *