Cara Memperkecil Ukuran File Dokumen Word [Mudah dan Cepat]

Dokumen word memiliki banyak ukuran yang bervariatif, itu tergantung berapa banyak gambar yang dimasukkan ke dalamnya. Jika semakin banyak maka ukuran file dokumen akan semakin besar, ini bisa menjadi masalah jika ruang disk hampir habis atau Anda perlu mengirim file ini sebagai lampiran email.

Banyak ISP dan perusahaan memiliki batasan untuk mengirim lampiran email.

Berikut ini beberapa tips untuk memperkecil ukuran file word.

1. Masukkan file Berbentuk Gambar dengan Fitur Insert, bukan Copy dan Paste

Kebanyakan orang suka menggunakan salin dan tempel untuk menambahkan grafik atau gambar ke Microsoft Word. Dengan begitu memang sangat mudah tapi tidak efisien karena gambar yang ditempelkan adalah file bitmap. Perbedaan ukuran file bisa sangat jauh jika Anda menggunakan format file seperti JPG sebagai sumber foto yang Anda copy.

Ikuti cara berikut untuk menyisipkan foto pada Microsoft Word.

  1. Dari menu Insert Pilih Picture.
  2. Dari submenu, pilih This Device
  3. Arahkan ke gambar dan klik tombol Insert.

2. Kompres Gambar Untuk Memperkecil Ukuran

Dalam kebanyakan kasus, Anda bisa mengecilkan ukuran file word dengan mengkompress gambar. Dengan mengecilkan ukuran file gambar ini juga akan berdampak pada ukuran file word.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memperkecil ukuran gambar di Microsoft Word.

  1. Klik gambar di dokumen word.
  2. Anda akan melihat batas ukuran muncul di sekitar gambar.
  3. Pada menu atas klik Picture Format.
  4. Selanjutnya klik Compress Pictures pada toolbar.Memperkecil ukuran gambar di word
  5. Buat pilhan Anda pada dialog Compress Pictures. Pilihan akan berbeda berdasarkan dokumen Anda.Memperkecil ukuran gambar di word
  6. Klik OK.

Catatan : Jika Anda tidak melihat opsi Compress Picture, Anda dapat mengetikkan kata-kata tersebut ke dalam kotak Search di bagian atas toolbar.

Anda juga bisa compress gambar secara online. Dengan cara ketik di google Image Compress nanti akan banyak website yang menyediakan fitur image compression, Anda tinggal upload gambar yang akan dikecilkan ukurannya dan jika sudah selesai tinggal download. Secara otomatis ukuran file gambar akan lebih kecil dari sebelumnya.

3. Matikan Gambar Thumbnail

Gambar thumbnail adalah gambar kecil dari halaman pertama dokumen. Ini sebelumnya lebih banyak disebut “preview image”. Ini ditampilkan di File Explorer, tetapi saya merasa tidak konsisten dan tidak menggunakannya. Saya yakin ada beberapa kasus penggunaan di mana nilai ditambahkan. Namun, saya belum menemukannya.

Kekhawatirannya adalah jika Anda memiliki grafik besar di halaman pertama dokumen Word, ini akan sangat berpengaruh pada ukuran file Anda nantinya.

Berikut ini cara mematikan fitur Gambar Thumbnail di Microsoft Word.

  1. Buka dokumen Word Anda.
  2. Dari menu File, pilih Save As.
  3. Simpan file dengan nama terserah Anda.
  4. Klik More options.Cara memperkecil ukuran file word
  5. Hilangkan centang pada Save Thumbnail.Cara Memperkecil ukuran file Word
  6. Klik Save.

Prosedur yang sama berfungsi ketika Anda membuat dokumen baru. Pastikan Anda tidak mencentang opsi Save Thumbnail.

4. Gunakan Format File .docx Terbaru

Memang kebiasaan lama sulit untuk ditinggalkan. Terkadang beberapa orang masih ada saja yang masih menyimpan dokumen Word mereka dalam format .doc yang lebih lama. Pemikiran mereka adalah bahwa versi Word yang lebih baru kompatibel dengan versi sebelumnya. Meskipun benar, format file .docx menawarkan lebih banyak fitur dan kompresi yang lebih baik.

5. Hapus Properti Tersembunyi

Jika Anda pernah bermain-main dengan foto digital, Anda tahu bahwa kamera menangkap lebih banyak informasi daripada yang bisa dilihat pengguna. Microsoft Word serupa karena berisi data yang tidak dapat dilihat dengan mudah dari front-end. Ini sebagian besar adalah metadata dan mungkin tidak memiliki nilai apa pun. Dan dalam kasus tertentu, data ini mungkin termasuk informasi pribadi. Jumlah data tergantung pada ukuran dan kompleksitas dokumen. Semua ini terkandung dalam fungsi Inspect Document.

Fitur ini merusak karena menghapus data dari dokumen Anda. Dalam kebanyakan kasus, ini dapat diterima. Namun, jika Anda berada dalam organisasi yang ingin mempertahankan komentar peninjau dan item lainnya, saya sarankan untuk melakukan Save As dan mengganti nama alih alih sebagai backup. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan aslinya.

  1. Buka dokumen Word dan simpan perubahan terbaru.
  2. Car menu File > Info.
  3. Dari panel Info, klik Check for Issues kemudian pilih Inspect Document.Inspect Dokumen Word
  4. Anda mungkin mendapatkan pengingat untuk menyimpan dokumen. Jika ya, klik Yes.
  5. Selanjutnya akan muncul Document Inspector.
  6. Pilih item yang ingin Anda periksa. Microsoft memberikan detail lebih lanjut jika diperlukan.
  7. Klik tombol InspectPemindaian dokumen akan dimulai.
  8. Klik tombol Remove All di sebelah kanan item yang ingin Anda hapus secara permanen. Anda mungkin harus menggulir daftar ke bawah.Cara Memperkecil Ukuran File Word
  9. Klik Close.

6. Cara Compress Ukuran File Word Online

Cara ini saya lakukan saat ada teman kuliah yang sedang meminta bantuan untuk memperkecil ukuran file word dan sudah saya buktikan sendiri berhasil, file yang mulanya berukuran 188 Kb setelah dikompresi menjadi 34 Kb waw sangat berkurang drastis.

Ini sangat cocok untuk Anda yang tidak mau ribet dan dapat menghemat waktu juga.

jadi langsung saja ikuti cara memperkecil ukuran file word online menjadi 100kb dibawah ini.

  1. Kunjungi website www.wecompress.com.
  2. Klik tombol Add.
  3. Pilih file word yang akan Anda kecilkan ukurannya.
  4. Tunggu prosesnya beberapa saat.Cara memperkecil ukuran file word
  5. Setelah selesai Anda bisa mendownload untuk menyimpan hasilnya.

Salah satu dari cara diatas akan membantu memperkecil file Word Anda. Beberapa tips ini akan menghasilkan pengurangan ukuran file yang lebih baik daripada yang lain berdasarkan elemen dokumen.

Jika Anda memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah. Mungkin ada juga ingin membaca Alat Memeriksa Ejaan Tidak ada di Microsoft Word

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.