Cara Menghapus File Cadangan Aplikasi di Windows 10 [File Cache]

Banyak aplikasi menyimpan data konfigurasinya pada PC, dan meskipun dapat menggunakan data ini untuk mencadangkan pengaturan, beberapa pengguna memilih untuk menghapusnya.

Menghapus file cadangan cukup sederhana, dan dalam panduan ini, kami akan menunjukkan cara mudah menghapus file cadangan aplikasi di Windows 10, jadi mari kita mulai.

Bagaimana Cara Menghapus File Cadangan Aplikasi & File Cache di Windows 10?

1. Gunakan CCleaner

Jika Anda perlu menghapus file atau cache cadangan data aplikasi, cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan CCleaner. Perangkat lunak ini menawarkan antarmuka pengguna yang sederhana, sehingga Anda dapat membersihkan cache dan file sementara dengan mudah.

CCleaner akan mengenali aplikasi yang diinstal dan memungkinkan Anda memilih jenis data yang ingin Anda hapus untuk setiap aplikasi. Fitur ini berfungsi untuk banyak aplikasi pihak ketiga serta web browser.

Perangkat lunak ini juga menawarkan fitur pemindaian registri, sehingga dapat memindai dan mengoptimalkan registri secara otomatis.

Adapun fitur tambahan, Anda dapat menggunakan perangkat lunak untuk menghapus aplikasi yang diinstal, plugin browser, atau menggunakannya untuk memindai hard drive dan mengosongkan sebagian ruang.

CCleaner adalah perangkat lunak yang sangat sederhana namun powerful, dan jika Anda perlu menghapus cache atau menghapus file cadangan aplikasi, ini adalah alat yang tepat untuk Anda gunakan itu.

Fitur berguna lainnya:

  • Pencari duplikat
  • Drive wiper
  • Pembaruan perangkat lunak
  • Pengoptimal registri
  • Startup Manajer

2. Hapus secara manual

  1. Tekan Tombol Windows + R dan enter
    %localappdata%
  2. Arahkan ke folder Temp.
  3. Sekarang pilih semua file dan hapus.

File-file ini sepenuhnya aman untuk dihapus karena hanya file cache dan biasanya tidak berisi informasi penting apa pun.

Banyak aplikasi menyimpan datanya di direktori berikut:

AppData\Local

Untuk aplikasi Universal, direktorinya adalah sebagai berikut:

AppData\Local\Packages

Biasanya ini adalah file konfigurasi, dan jika Anda ingin menghapus file cadangan aplikasi, Anda harus menghapus file dari direktori ini. Hampir setiap aplikasi memiliki direktori sendiri, sehingga mudah untuk menemukan file yang diinginkan.

Catatan: Perlu diingat bahwa dengan menghapus file-file ini, beberapa aplikasi mungkin disetel ulang ke pengaturan default sementara yang lain mungkin tidak berfungsi dengan baik, jadi gunakan metode ini dengan risiko sendiri.

3. Gunakan Disk Cleanup

  1. Tekan Tombol Windows + S dan masukkan disk cleanup. Pilih Disk Cleanup dari daftar.Disk Cleanup
  2. Pilih drive C dan klik OK. Tunggu sementara aplikasi memindai PC.
  3. Pastikan untuk memeriksa juga Temporary files dan kemudian klik OK. Anda juga dapat memilih jenis file lain.Temorary Files

Setelah proses pembersihan selesai, cache dan file sementara harus dihapus sepenuhnya.

Menghapus file dan cache cadangan aplikasi cukup sederhana, dan kecuali Anda adalah pengguna PC yang berpengalaman, kami sarankan untuk menggunakan alat khusus untuk tugas ini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.